Tuesday, June 9, 2015

Heuristic Evaluation - User control and freedom - dontblameyourears.com

5.  User control and freedom


Pengaturan akun 


Masalah :
  • Pada bagian sidebar kiri terdapat menu lain selain “Akun Saya”. Padahal kita sedang berada pada menu “Akun Saya” yang seharusnya hanya fokus untuk memanajemen akun pengguna.
  • Tampilan "Akun saya" ditampilkan dua kali, yaitu pada sidebar dan main page.
  •  Pada sub menu “Akun Saya” terdapat menu “Keluar” yang fungsinya untuk logout, padahal di atas halaman sudah ada menu untuk fungsi tersebut
  • Tidak ada pemberitahuan ketika user berhasil logout dan  tampilan user masih sama seperti pada gambar yang di lingkari hijau. 


Solusi :
  • Fokus hanya pada menu pengaturan “Akun Saya”, hilangkan menu lain selain untuk pengaturan dan manajemen akun.
  • Hilangkan tampilan menu “Akun saya” pada halaman utama, cukup tampilkan menu pada sidebar kiri halaman saja.
  • Hilangkan menu “Keluar”, karena fungsi ini sudah ada di atas halaman dan letaknya lebih baik.
  • Tambahkan pemberitahuan bahwa user berhasil keluar, dan merubah tampilan status user di bar atas.


Severity Rating

Severity Rating: Merupakan penilaian yang berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)

     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum produk di publikasikan
Severity rating untuk permasalahan ini adalah : 4

_____________________________________________________________________________________________________________




No comments:

Post a Comment