Tuesday, June 9, 2015

Heuristic Evaluation - Help users recognize, diagnose, and recover from errors - dontblameyourears.com

Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan evaluasi pada sebuah web berdasarkan 10 Prinsip Heuristic Evaluation (HE) menurut Jakob Nielsen (1995).Tulisan ini merupakan salah satu tugas matakuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). 

Web yang dievaluasi adalah dontblameyourears.com yang merupakan salah satu online shop yang fokus menjual perangkat Audio.  

Analisis yang dibahas kali ini ada lima prinsip yang akan dibahas menjadi lima halaman sesuai dengan masing masing prinsip. Baiklah langsung saja pada pembahasan intinya.

  1.           Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Yang dimaksudkan dalam prinsip ini adalah sistem mampu menunjukan kesalahan yang ditimbulkan pengguna, kemudian memberikan solusi agar kesalahan tersebut bisa diperbaiki dengan mudah. 

Pengisian form pendaftaran 

Gambar 1.1


Masalah 

Pada gambar 1.1 terjadi kesalahan yang akan membungungkan pengguna antara lain :
  • Pengguna lebih sulit menemukan kesalahan, karena pesan error tidak langsung tertuju pada form yang salah
  • Tidak adanya solusi yang diberikan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi
  • Pesan error seharusnya ditulis dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti
  • Pesan error yang ditampilkan hanya 1 saja, padahal ada 3 kesalahan yang terjadi
Solusi  

Agar pengguna lebih mudah, tepat dan cepat menemukan bagian yang salah maka diperlukan :
  • Pesan error seharusnya diletakan tepat di sebelah form yang salah
  • Pesan error diberi warna yang berbeda yang menunjukan adanya kesalahan
  • Memberi solusi atau saran agar kesalahan dapat diperbaiki
  • Menampilkan pesan error dengan bahasa yang mudah dimengerti
Contoh yang benar seperti pada pengisian form registrasi twitter berikut, sistem langsung memberi tahu dimana letak kesalahan dan memberikan beberapa solusinya. 
Gambar 1.2

Severity Rating
Severity Rating: Merupakan penilaian yang berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum produk di publikasikan
Severity rating untuk permasalahan ini adalah : 3

 _________________________________________________________________________________________________


Penambahan jumlah pembelian pada ringkasan belanja


Gambar 1.3
Gambar 1.4




Masalah 

ketika jumlah barang ditambah dan ternyata melebihi stok yang tersedia, muncul pesan error, tetapi ditampilkan pada halaman berbeda dan tidak menampilkan letak kesalahannya. 


Solusi 

Seharusnya pesan error ketika stok tidak memenuhi adalah cukup berupa popup kecil saja, terletak disamping pada jumlah barang yang dipilih.


Severity Rating

Severity Rating: Merupakan penilaian yang berupa peringkat dari 0 - 4
     0 : Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
     1 : Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
     2 : Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
     
3 : Permasalahan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
     4 : Penting untuk diperbaiki sebelum produk di publikasikan
Severity rating untuk permasalahan ini adalah : 3

1 comment:

  1. untuk pengisian form memang sebaiknya pesan errornya diletakan pada samping form yang diisi biar tidak membuat bingung user pada saat melakukan kesalahan pada pengisian

    ReplyDelete