Thursday, May 14, 2015

Visualisasi Informasi

Halo

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah Visualisasi Informasi dari suatu data . Ini merupakan salah satu tugas take home mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Tak perlu berlama-lama langsung saja ke pembahasanya.

Visualisasi informasi bertujuan agar memudahkan kita untuk membaca suatu data dengan cara menampilkan data dalam bentuk gambar, diagram atau suatu animasi.

Pada tugas kali ini sumber data yang digunakan bersumber dari Statistika Indonesia 2014 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik. Data yang dipilih adalah "Nilai Ekspor dan Impor Migas 2000–2013" pada Bagian 14 Halaman 495.



Untuk memudahkan membuat Visualisasi Informasi ini, digunakan tools infogr.am. Sebenarnya masih banyak tools lain yang dapat digunakan. Karena hanya menggunakan versi free, jadi hanya beberapa fungsi dan kustomisasi yang dapat digunakan. Hasilnya seperti berikut.



Setelah data disajikan dalam bentuk grafik, maka terlihat lebih mudah dmengerti dibandingkan dengan tabel. Kita dapat langsung menyimpulkan suatu informasi dengan mudah dan cepat.
Kesimpulan dari isi grafik tersebut, bahwa setiap tahun jumlah ekspor dan impor Migas terus meningkat, walaupun ada sedikit turun pada tahun pertama, tetapi pada tahun 2009 jumlah Nilai ekspor dan impor menurun drastis pada setiap kategori Migas.

Sekian postingan saya kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca, semoga berguna bagi kita semua. Sampai berjumpa lagi dilain kesempatan. 


Mochamad Ivan Farhan
G64144031

No comments:

Post a Comment